Kamis, 23 Mei 2013

Tak Diizinkan Suami, Bella Saphira Batal Jadi Caleg


 Partai Gerindra memastikan nama artis Bella Saphira batal diusung sebagai bakal calon anggota legislatif partai yang dipimpin Prabowo Subianto tersebut. Mundurnya wanita yang dijagokan untuk mendulang suara di daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat itu lantaran tidak diperbolehkan oleh sang suami.

"Bella Saphira tidak jadi caleg karena tidak dapat izin dari suami," kata Wakil Sekretaris Jendral Partai Gerindra Abdul Harris Bobihoe di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (22/5/2013). Dia mengatakan, Bella merupakan satu dari 17 wanita yang menyatakan mundur dari daftar bakal caleg Gerindra. Secara keseluruhan, ada 24 orang yang menyatakan mundur dari daftar caleg Gerindra.

Mundurnya para bakal caleg, menurut Harris, terjadi karena beragam sebab. Di antara sebab itu adalah keinginan pindah ke daerah pemilihan, nomor urut yang tak sesuai, atau bahkan ingin pindah haluan politik. "Ada yang ingin pindah dapil, namun tidak memungkinkan. Selain itu, ada yang pindah partai, ada lima orang," katanya.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, dari 560 berkas bakal caleg yang diajukan partai ini, 37 persen di antaranya adalah bakal caleg perempuan. Dari jumlah bakal caleg perempuan itu, 11 di antaranya menempati nomor urut 1 di daerah pemilihannya.

Terkait sejumlah bakal caleg yang sempat ketahuan melakukan pencalonan ganda, Muzani mengatakan, Partai Gerindra tetap akan mengusung nama-nama itu. Menurut dia, mereka yang semula diduga menjadi bakal caleg ganda mengaku nama mereka sekadar dicatut dan diduplikasi. "Ada yang namanya dipakai atau dicatut partai lain, ada yang ditawarkan, tapi dia tidak melengkapi syarat. Ada alasan obyektif yang bisa kami terima," kata Muzani.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar