Senin, 20 Mei 2013

Asyik Melaju, Gerbong Kereta Api Tawang Jaya Terlepas



 Semarang : Sejumlah rangkaian gerbong kereta api Tawang Jaya jurusan Semarang-Jakarta terlepas saat sedang melaju menuju Jakarta. Peristiwa itu terjadi sesaat kereta berangkat dari Stasiun Poncol, Semarang, Jawa Tengah.

"Kereta Tawang Jaya Nomor KA139, berangkat dari Poncol. Ketika di KM 4+700, rangkaiannya putus," kata Manajer Humas Daops 4 Semarang, Zakaria, saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (19/5/2013) malam.

Zakaria menambahkan, kereta yang sarat penumpang itu membawa 12 rangkaian gerbong. 7 Gerbong yang terputus terletak pada rangkaian gerbong kelima. Sesaat setelah mengetahui adanya rangkaian gerbong yang putus, lokomotif pun kemudian mundur untuk menyambungnya kembali.

"Selang kabelnya putus sudah ganti. Memperbaiki minyak rantai, test rem diyakinkan bagus, setelah itu diberangkatkan ke Stasiun Caraka," jelasnya.

Setelah diperiksa kesiapannya dan dinyatakan layak jalan, akhirnya kereta kelas ekonomi itu pun melanjutkan kembali perjalanannya menuju Jakarta.

"Pukul 21.21 WIB, kereta sudah jalan lagi, nggak ada khawatir akan rusak lagi, udah bagus," tegas Zakaria.

Terkait penyebab terputus rangkaian gerbong itu, Zakaria belum dapat menjelaskan secara pasti. Menurutnya, itu bisa saja terjadi saat pada persiapan perjalanan.

"Penyebab biasanya waktu penggandengan kurang kencang, penyebab pastinya, nanti kalau kereta sudah ada di Tawang akan diperiksa," tukas Zakaria.

sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar